Home > Backtrack 4 > Agar wireless adapter laptop terbaca di Backtrack

Agar wireless adapter laptop terbaca di Backtrack

langkah-langkahnya:

1. Cek ketersediaan wirelessnya dengan mengetikan code
root@bt4#ifconfig -a

2. Aktifikan wirelessnya dengan mengetik
root@bt4#ifconfig wlan0 up

3. Scan wifinya dengan mengetikan
root@bt4#iwlist wlan0 scan

4. masukin wifinya dengan mengetikan
root@bt4#iwconfig wlan0 ESSID “nama wifi yg ingin dimasukan”

5. Test ping dengan mengetikan
root@bt4#dhclient wlan0

6. klo sudah konek silahkan browsing
untuk mencoba apakah sudah konek, bisa memping lagi
root@bt4#ping http://www.google.com
🙂
Have browsing

Note:

wlan0 bisa anda ganti dengan Rusb0 atau ath0 tergantung dari jenis driver wireless yang anda pakai

Categories: Backtrack 4
  1. June 20, 2010 at 3:43 am

    waktu di cara 1 ada 3 wireles na saya, abis itu saya aktifkan malah eror tulisannya adapter not found,,, itu pada saat mengetik ifconfig wlan0 up,,,,

    dan pada saat itu juga saya menjalankan pake Virtual Box jadi bersamaan dengan windows.,. na kalo gitu gimana ya????

    sepertinya anda tahu neih tentang backtrack!!! mohon bantuannya.., kalo mau jawab ke blogku aja, .., di rsf-gudangilmu.blogspot.com

    makasih sebelumnya!!!^_^

    • June 20, 2010 at 6:15 am

      Saya sebetulnya gak bisa2 amat sama BT. soalnya saya juga newbie. tp berhubung anda bertanya, maka akan saya jawab sebisa saya.
      1. Karena pada BT ada tulisan “adapter not found” maka dimungkinkan adapter wifi anda tidak ada atau belum hidup. mungkin coba dicek dengan mengetikkan root@BT4#lspci. Coba di dilihat apakah adapter wifi anda ada di list tersebut.
      2. Untuk BT yg dijalankan di virtual box tidak masalah. Namun terkadang beberapa driver tidak support pada mode ini. mungkin saran saya bisa dijalankan via Live CD.

  2. panji
    February 10, 2011 at 8:52 am

    semalem baru aja instal BT4,, waktu mau connect to internet binggung…
    eh ketemu blog mas..
    makasih ya, akan saya coba cara yang mas berikan.

    • March 24, 2011 at 7:59 am

      smoga bermanfaat…
      klo ga bisa connect bisa pake program bawaan BT4 (wicd)🙂

  3. keylies
    June 5, 2011 at 5:03 am

    gan klo wlan0 nya gk ada gmna..?
    yang ada cuma eth0 ma l0 ajj,
    mohon pnjlasannya..,,

    • June 12, 2011 at 1:49 am

      coba anda buka wicd, trus anda cari dibagian LAN. jika eth0 anda atau l0 anda sudah terhubung ke jaringan, akan muncul. jadi tinggal di klik connect aja.

      jika masih belum bisa, silakan bertanya lagi😀

      smoga berhasil

  4. rahmat
    September 27, 2011 at 9:15 am

    gan ane kagak muncul to Wlan0 nya
    dah cpe ane kotak kati n bolak balik instal lagi

    dah saya pake cara ente tapi blum efektif mas
    pa mgkin gx dukung sama laptop saya
    gmn soslusinya mas????

    • October 6, 2011 at 3:37 pm

      mas rahmat, terimakasih sebelumnya untuk mampir ke sini.
      untuk masalah itu, dimungkinkan memang wireless driver anda mungkin bukan wlan0. bisa saja diganti dengan rusb0 (untuk ralink) atau ath0( untuk atheros). Biasanya bisa anda cek dengan mengetikan “dmesg” di konsole. Disitu bisa anda lihat jenis dari driver wireless anda. jika masih tidak bisa, silahkan commentar disini…slamat mencoba🙂

  5. rio
    February 17, 2014 at 2:36 am

    maaf kalo pake vmware ato vortual box nga bisa pake driver wifi bawaan leptop
    harus pake wificard usb….

    • February 28, 2014 at 10:05 am

      iya. benar mas rio. klo pke vbox dia tidak mendetek wifi. jadi bs menggunakan sharing lewat virtual box network yg telah dishare sebelumnya.

  6. hendri
    November 18, 2014 at 7:09 pm

    kalo di backtrack5r3 adapter gax ada yg ke baca gan, mohon bantuannya

  7. January 30, 2015 at 10:02 am

    Maaf sebelumnya mau tanya kalau punya saya pada saat di #ifconfig -a keluarnya cuman lo dan eth0 gak ada wlan0 dan saya sudah coba utak atik googling sana sini gak nemu solusinya,mungkin bisa bantu saya bagaimana solusinya..
    Terimakasih sebelumnya.

    • April 15, 2015 at 8:55 pm

      patikan dulu device wifi agan hidup, lalu cek di backtrack apakah mengunakan wlan0 wlan1 rusb0 dll. jika sudah ketemu tinggal ubah wlan0 sesuai dengan device agan.

  8. jatnika
    March 2, 2015 at 8:00 pm

    mas saya mw tanya nih,.maaf sya masih awam masalh backtrack,.hee…
    pas saya ketik airmon-ng start wlan0
    untuk dhclient terbaca tp kenapa interface, chipset dan Drivernya gk terbaca y..?
    mohon pencerahannya ..
    trima kasih sebelumnya..

  9. December 5, 2015 at 11:28 am

    maaf mas saya mau tanya.. kalo mau cek drive wifinya kan ketik “dmesg” tapi itukan muncul banyak.. pertanyaan saya yang mana drive wirless kita?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

